Home  >  Pastry, Tipps  >  Brandteig

Brandteig

Brandteig, Choux Pastry atau di Indonesia dikenal Kue Sus ini adalah cemilan favorite kami. Bahkan setiap malam Natal, Ibu mertua ku selalu menyediakan cemilan satu ini. Selain rasanya yang gurih dan empuk, kue satu ini bisa dibuat berbagaimacam variasi dengan diisi cream/vla ato diolesi dengan coklat (eclairs). Inilah resep dasar kue sus.

Bahan:

  • 75 gram mentega [+mentega untuk olesan baking tray]
  • 150 gram tepung terigu, ayak
  • 4 butir telur
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 pucuk sdt garam
  • 250 ml air

Cara:

  1. Bersama 250 ml air, cairkan butter, gula dan garam, aduk diatas api sedang. Oles baking tray dengan butter. Panaskan oven 200°C.
  2. Ketika campuran margarine mendidih, ambil panci dari kompor lalu masukkan tepung, aduk cepat dan merata, kembali letakkan diatas kompor, lanjut aduk.
  3. Matikan kompor, angkat panci, masukkan telur satu persatu sambil terus diaduk, hingga adonan lembut tetapi tidak cair (adonan kalis).
  4. Adonan siap dipanggang. Buat bulatan² kecil dari adonan, bisa dibentuk dengan menggunakan dua sendok teh atau bisa juga menggunakan pastry bag.
  5. Panggang adonan hingga matang [20 menit]

Tipps:

  1. Adonan ini harus diproses dengan cepat, karena kalau tidak adonan akan terlalu keras dan tidak mengembang. Juga memanaskan oven lebih dahulu ini sangat penting.
  2. Hasil panggangan akan terlihat lebih menarik, menjadi coklat keemasan, jika sebelum dipanggang, adonan diolesi campuran 1 kuning telur dan 1 sdt air.
  3. Setelah waktu memanggang habis, matikan oven dan jangan cepat² membuka pintu ovennya, sedikit demi sedikit dibuka agar puff tetap sukses mengembang.
Written by linae

Leave a Comment